Gangguan Mental Yang Terjadi Di Internet

Keberadaan Internet di era modern adalah sebuah anugerah karena memudahkan segala urusan manusia baik dalam bersosialisasi, berniaga, hingga urusan asmara semua termudahkan karena keberadaan Internet.

Namun, Internet juga bukan tanpa celah, banyak sisi negatif dari keberadaan Internet, banyak orang rela mengorbankan waktu dan tenaga demi eksistensinya di dunia maya.

Berikut contoh gangguan mental yang terjadi di Internet.

Low Cyber Self-Esteem

Low Cyber Self-Esteem bila diartikan secara harfiah ialah penghargaan yang rendah terhadap diri sendiri, kurangnya rasa menghargai diri sendiri inilah yang membuat pengidapnya kurang percaya diri. Orang yang mengidap gangguan mental ini sering kali membuat status untuk menarik perhatian orang lain di media sosial.

Pada tingkat yang lebih ekstrim pengidap Low Cyber Self-Esteem dapat mengalami Online Erotic Humiliation atau pelecehan seksual secara online, dimana pelecehan seksual yang terjadi di dunia maya dapat menjadi nyata. Sehingga jika anda meminta pengidap gangguan mental ini untuk melakukan sesuatu yang bersifat tindakan seksual, ia mungkin akan benar-benar melakukannya dengan sungguh-sungguh karena menganggap itu penting.

Kenapa hal ini dapat terjadi di Internet ?

Ini disebabkan karena orang-orang yang mencari perhatian akan mendapatkan apa yang mereka mau, orang orang dengan rasa percaya diri yang rendah ini mendapatkan cukup banyak ketegangan untuk mengaktualisasi dirinya yang introvert lewat status status di media sosial.

Low Forum Frustation Tolerance (LFFT)

Secara singkat LFFT dapat diartikan sebagai tidak mau kalah, ingin selalu benar, apa yang dia mau itulah yang harus terjadi–persis seperti bocah yang keinginannya harus dituruti.

Bagi pengidapnya yang suka menulis entah di forum, blog, web, ataupun medsos mereka akan sering mengecek tulisannya, mereka tak dapat menerima kritik atau pun perbedaan pendapat jika itu terjadi ia akan cepat-cepat memberi sanggahan dan berakhir pada perdebatan, jika akhirnya kehabisan argumen ia akan menghapus komentar miring dan melakukan block pada orang tersebut.

Tentu saja tak semua postingan akan ramai, jika tulisannya sepi komentar ia akan berkomentar dengan akun lain dengan argumen yang mendukung tulisannya.

Kenapa hal ini dapat terjadi di Internet?

Kegiatan itu membuat kita sering tidak sabaran, karena ingin mendapat respon. Ketidaksabaran ini membuat orang menjadi intoleran terhadap serangan yang membuat ketersinggungan.

Online Intermittent Explosive Disorder (OIED)

Secara singkat OIED dapat diartikan sebagai mudah emosi saat online – gampang tersinggung, orang yang mengidap gangguan ini nampak normal pada awalnya, Beberapa saat sebelumnya mungkin ia masih tertawa-tawa namun begitu tersinggung emosinya akan meledak-ledak.

Kenapa hal ini dapat terjadi di Internet?

Sebagian dari kita pasti bisa menahan emosi di dunia nyata karena bila tidak mungkin saja akan berbuah bogem mentah.Di Internet banyak orang yang menggunakan akun palsu, sehingga mereka merasa bebas untuk berkata-kata tanpa memikirkan akibatnya.Karena tulisan tak memiliki intonasi, sehingga orang sering membaca dengan emosi yang salah.

Internet Asperger’s Syndrome

Berkomunikasi dengan benda mati (layar ponsel/pc) setiap hari menyebabkan hilangnya semua aturan sosial dan empati terhadap seseorang. Sindrom ini adalah bentuk halus dari autisme–yang secara biologis tak mampu untuk menunjukan empati pada manusia lain dikarenakan tak mampu membaca isyarat non verbal.

Pengidap sindrom ini terus menerus mengganggu dan bertingkah aneh pada kita disebabkan ia tidak tahu bahwa apa yang dilakukannya memang mengganggu, Ada bagian dari otak mereka yang rusak.

Kenapa hal ini bisa terjadi di Internet

Orang yang melakukan semua komunikasi online mereka menampilkan perilaku Asperger karena mereka ingin memberikan kesan ada kerugian yang sama pada diri sendiri. Dalam hal ini, ketika kemampuan melihat respon dan mimik wajah atau ekspresi nonverbal sudah hilang, begitu juga dengan empati. Maka hal yang kamu beritahukan hanya kepada orang yang tidak ada, karena itu hanyalah sekelompok kata-kata pada layar. Sekelompok kata-kata kecil yang tidak berarti.

Komentar

Postingan Populer